Oleh: munggang | 26 Februari 2009

BEBAS FINANSIAL TAK HARUS KAYA

Orang yang telah memiliki sumber penghasilan yang cukup untuk membiayai gaya hidupnya, walupun tidak bekerja sekalipun disebut telah memiliki kebebasan financial.

Ahmad Gozali, perencana keuangan dari Safir Senduk & Associate ini berpendapat orang yang disebut memiliki kebebasan financial adalah orang yang menempatkan harta di tangannya, tetapi tidak di hatinya.Artinya, meskipun memiliki harta, dia tidak dikuasai oleh harta. Orang seperti ini, menurutnya, menempatkan bekerja tidak semata-mata untuk mencari imbalan uang, tetapi juga berorientasi untuk beribadah.

Ciri-ciri orang yang telah memiliki kebebasan financial itu:

1. Kalau kehilangan uang karena bisnisnya bangkrut atau ditipu orang, dia tidak menyesal berkepanjangan atau berputus asa. Ini bisa terjadi karena dia tidak menempatkan uang di hatinya.

2. Mereka bisa memanfaatkan waktu yang dimilikinya untuk berusaha menatap masa depan yang lebih baik daripada menyesali kegagalan di masa lalu.

3. Bersyukur dan menikmati apa yang dimilikinya saat ini.
Kebebasan financial tidak diukur dari jumlah kekayaan, tetapi lebih kepada pemikiran atau sikap seseorang dalam memandang harta benda.
Seseorang yang telah sampai pada taraf memiliki kebebsan financial itu tidak akan merasa kekurangan dengan harta yang sedikit dan tidak akan hidup boros, walaupun hartanya berlimpah ruah.

Nah, apakah Anda termasuk yang sudah memiliki kebebasan financial itu?

Dirangkum dari artikel Suli H. Murwani, Bisnis Indonesia 30 Maret 2008.


Responses

  1. spirit kebebasan seperti ini memang mutlak diperlukan..jika sudah punya jiwa seperti ini, kemudian mampu mengelola hartanya dengan bijak, niscaya lingkungan dmana ia tinggal takkan kekurangan..

    salam sempurna !

  2. Right, harta cuma pelengkap dan peneuh kebutuhan tapi ketenagan dan kebahagian dalam menjalani hidup itu adalah harta yg paling indah bukan kaya harti tapi tersiksa ~_^

    Good post………..thanks
    salam kenal

  3. Salam kenal juga Mas Salendra


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: